Jumat, 17 September 2010

sekilas tentang Nutrisi Pakan


salah satu awal perkembangan ilmu nutrisi adalah upaya mendeskrepsikan pangan/pakan dalam istilah senyawa kimia atau kelompok senyawa kimia yang mempunyai fungsi yang khas dalam tubuh yang dikenal dengan nutrien.
nutrien adalah semua unsur atau senyawa kimia dalam pangan/pakan yang menunjang kebutuhan hidup pokok, pertumbuhan, latasi dan reproduksi. terdapat enam kelompok nutrien yaitu air, protein dan asam amino, karbohidrat, lemak, vitamin dan unsur inorganik atau mineral. Protein, karbohidrat, dan lemak disebut sebagai nutrien makro, sedangkan vitamin dan mineral disebut nutrien mikro. Nutrien makro dibutuhkan tubuh dalam jumlah banyak sedangkan unsur mikro diperlukan dalam jumlah kecil.
energi yang diperlukan lemak disediakan oleh lemak, karbohidrat dan kerangka karbon asam amino. Nutrien menyediakan air, energi, komponen penyusun dan pengaturan metabolisme sel. Nutrien yang diperlukan keberadaannya dalam pakan dan tidak bisa disintesis dalam tubuh dalam jumlah yang mencukupi disebut nutrien esensial atau indispensible.
kandungan nutrien pangan atau pakan dapat diketahui dengan mengurai (menganalisis) komponen pangan dan pakan secara kimia. Teknik analisis yang umum untuk mengetahui kadar nutrien dalam pangan atau pakan adalah Analisis Proksimat (Proximate analysis) atau metode Weende. metode ini tidak menguraikan kandungan nutrisi secara rinci namun berupa nilai perkiraan sehingga disebut analisis proksimat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar